Rupiah Digital 2024: Nggak Kalah Keren dari Bitcoin dan Dompet Digital!

Rupiah Digital 2024

Hai, Sahabat alliedenvelope! Siapa nih yang udah denger kabar seru dari Bank Indonesia (BI)? Katanya, tahun 2024 nanti kita bakal punya jurus baru, yaitu Rupiah Digital. Nah, tenang aja, kita bakal bahas ini dengan gaya yang nggak kalah asik dan jelasin apa bedanya sama Bitcoin dan teman-temannya di dunia digital.

Jadi, begini ceritanya. Gubernur BI, Pak Perry Warjiyo, ceritain rencananya bikin Rupiah Digital di pertemuan Tahunan Bank Indonesia. Kabarnya, mereka bakal uji coba tahun depan dan udah punya nama keren buat langkah awalnya, “Proof of Concept.” Keren, kan?

Rupiah Digital ini punya dua bentuk, yang pertama itu Rupiah Digital Wholesale (w-Rupiah Digital). Kalo yang ini mah buat transaksi besar-besaran kayak operasi moneter. Terus, yang satunya lagi Rupiah Digital ritel (r-Rupiah Digital), buat kita yang suka jajan online atau bayar-bayar tagihan.

Nah, sekarang kita bahas perbedaannya sama Bitcoin dan kawan-kawannya.

1. Otoritas yang Ngebuat Uang

Kalo Rupiah Digital ini keluar dari BI, alias bank sentral kita. Jadi, aman dong, sahabat alliedenvelope! Beda banget sama Bitcoin yang muncul dari pihak privat yang ga jelas. Terus, dompet digital cuma jadi tempat nyimpen uang aja, ga bisa ngeluarin uang fisik.

2. Format dan Jaminan Keamanan

Rupiah Digital ga bisa diakses lewat bentuk fisik, cuma ada di dunia maya. Format pencatatannya juga beda, pake sistem manual yang udah tersentralisasi. Artinya, catatan transaksinya cuma bisa diakses sama otoritas dan pihak yang terlibat. Beda sama Bitcoin yang punya catatan terdesentralisasi sepenuhnya dan struktur pencatatan yang bikin nilai uangnya bisa naik turun.

3. Transparansi Identitas Nasabah

Rupiah Digital punya struktur yang gabung antara tersentralisasi dan terdesentralisasi. Jadi, catatan transaksinya bakal real-time dan transparan. Ini bikin beda sama Bitcoin yang identitas nasabahnya bisa dibuat anonim. Jadi, nilai Bitcoin itu suka naik turun karena nggak tau siapa yang mainin.

4. Resiko dan Kontrol

Rupiah Digital dijamin aman karena dikelola sama otoritas keuangan yang sah. Sementara itu, Bitcoin punya resiko nilai yang bisa berubah-ubah karena ga terkontrol sama otoritas. Dompet digital lebih ke tempat simpen uang aja, ga bisa ngeluarin uang fisik dan ga punya kontrol resiko nilai kayak Bitcoin.

Eh, btw, BI lagi punya rencana strategis nih buat Rupiah Digital. Mereka mau bikin ekonomi dan keuangan digital kita makin maju. Selain itu, BI juga lagi pikirin cara biar transaksi pembayaran digital kita lebih aman dan efektif. Kita tunggu aja gimana perkembangannya, ya!

Kesimpulan: Rupiah Digital, Tren Baru di Negeri Duit Digital!

Gimana, sahabat alliedenvelope? Kita baru aja ngebahas Rupiah Digital dari BI, dan rasanya bakal jadi tren seru di negeri kita. Dengan segudang keunggulan dan keamanannya, kayaknya kita bisa lebih tenang dalam bertransaksi online. Selain itu, Rupiah Digital ini bakal membuka pintu baru buat perkembangan ekonomi dan keuangan digital kita. Jadi, ayo kita nantikan terus perkembangannya! Pastikan kalian selalu stay tuned di sini buat dapetin update-info seru seputar dunia finansial dan teknologi. Terima kasih udah bareng-bareng kita bahas hal seru ini, sahabat alliedenvelope! Keep it digital!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *