DeepSouth, Superkomputer Setara Otak Manusia: Otak Cyborg Tercanggih di Muka Bumi!

DeepSouth, Superkomputer Setara Otak Manusia

Hai, teman-teman teknologi yang selalu haus akan kabar terbaru! Nih, gue punya info keren yang lagi ngehits dari jagat komputasi. Jadi begini, Western Sydney University lagi ngerjain hal gila dengan ngeluncurin superkomputer canggih bernama DeepSouth. Kabar baiknya, si DeepSouth bakal beroperasi mulai tahun depan! Kira-kira kita bakal punya temen baru yang lebih hebat daripada si Alexa atau Siri, ya?

Gimana gaes, bayangin aja, DeepSouth ini diproyeksikan bisa ngelakuin 228 triliun operasi sinaptik per detik! Angka segitu bikin kita mikir, “Ini angkanya segede apa, ya?” Ini kayaknya bisa bantu kita ciptain otak cyborg yang bisa ngebantu kita jadi manusia super cerdas. Jangan sampe kebayang nanti kita berurusan sama robot yang ngajak kita karaoke, ya.

Menurut laporan dari Business Insider, kemampuan luar biasa si DeepSouth ini bakal membantu kita ngebuat otak cyborg yang lebih kuat daripada otak manusia. Gue jadi mikir, mungkin nanti bisa dibuat otak buatan yang bisa bantu kita ngejar deadline, ngelakuin kerjaan rumah, atau mungkin ngebingungin kita dengan pertanyaan-pertanyaan filosofis. Who knows?

Gini nih, otak manusia sekarang cuma butuh daya sekitar 20 watt buat ngelakuin operasi setara dengan exaflop atau satu miliar miliar operasi matematika per detik. Nah, para peneliti di Australia lagi pada ngembangin superkomputer pertama di dunia yang namanya DeepSouth. Ini superkomputer yang bisa mensimulasikan jaringan otak manusia dalam skala besar. Jadi, bayangin aja, otak manusia tuh seperti seorang guru yang mengajarkan ilmu pengetahuan pada komputer.

Yang menariknya, si DeepSouth ini lagi dalam tahap pengembangan oleh Western Sydney University dan bakal jadi yang pertama dengan kemampuan luar biasa itu. Direktur Pusat Internasional Sistem Neuromorfik di universitas tersebut, André Van Schaik, bilang bahwa DeepSouth ini bisa ngelakuin 228 triliun operasi sinaptik per detik. Keren, kan? Ini bakal menyaingi operasi di otak manusia, loh. Jadi, bisa dibilang, otak manusia bakal punya rival serius di ranah komputasi.

Menurut André Van Schaik, DeepSouth ini bisa ngebantu kita memahami gimana otak bisa pake daya kecil untuk memproses informasi dalam jumlah besar. Wow, ini kayaknya bakal buka pintu baru untuk menciptakan otak cyborg yang super keren. Gue jadi mikir, mungkin nanti bisa dibuat otak buatan yang bisa ngegantikan kita ngelakuin pekerjaan rumah. Itu keren banget, kan? Gaes, kita jadi bisa santai sambil nonton Netflix, dan otak buatan yang akan ngerjain tugas-tugas kita. Mantap!

Sekarang, kita punya masalah, yaitu ketidakmampuan kita untuk mensimulasikan jaringan mirip otak dalam skala besar. Tapi tenang, gaes, DeepSouth diharapkan bisa ngebantu kita lewatin masalah ini. André Van Schaik bilang, sistem yang mereka kembangkan bakal ubah cara kita memahami dan mensimulasikan otak. Metode simulasi jaringan saraf di komputer standar yang kita pake sekarang ini terlalu lambat dan butuh daya yang besar. Tapi, DeepSouth ini bakal ngubah paradigma ini, gaes!

Menurut seorang peneliti dari Universitas Johns Hopkins Baltimore, Ralph Etienne-Cummings, DeepSouth ini bakal jadi terobosan baru dalam studi ilmu saraf. Menurutnya, superkomputer ini akan menjadi perangkat keras yang sangat penting bagi para peneliti ilmu saraf dan pengembang kecerdasan buatan. Dengan DeepSouth, kita bakal bisa ngeksplorasi otak manusia dan menciptakan inovasi-inovasi baru di dunia teknologi.

DeepSouth ini bukan satu-satunya proyek yang berusaha menciptakan mesin cerdas yang bisa menyaingi kinerja otak manusia. Ada juga penelitian lain yang mencoba pendekatan beda dengan menciptakan “komputer biologis” yang menggunakan tenaga dari sel-sel otak manusia sungguhan. Gue jadi mikir, mungkin suatu hari nanti kita bisa ngomong, “Hai, DeepSouth, resep masakan apa yang lagi hits hari ini?” atau mungkin kita bisa curhat tentang masalah hati pada DeepSouth. Who knows, kan?

Jadi, kita nantikan terus perkembangan dari superkomputer satu ini. Siapa tahu, suatu hari nanti kita bisa aja jadi sahabat dekatnya DeepSouth. Gue bakal tetap stay tuned dan pantengin terus berita terbaru, dan semoga suatu hari nanti kita bakal punya asisten pribadi versi DeepSouth. Stay cool, teman-teman!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *